Monday, August 22, 2016

Fangirl ~

fan·girl
ˈfanɡərl:
  1. an obsessive female fan (usually of movies, comic books, or science fiction).
Fangirl Atau yg kerap kita sebut Fangirling 

Apa itu Fangirl?

fangirl,
adalah seorang perempuan (rata-rata
muda) 
yang terobsesi pada seseorang,
karakter tertentu, atau malah tokoh yang
tidak ada dalam dunia nyata.



setiap fans punya cara support idol yang berbeda. ada yang cuma sekedar suka kalo lagi rame a.k.a Fans Musiman ,Sewaktu udah sepi pindah fandom laen,ada juga yang saking suka-nya sampe "naik tingkat" jadi stalker. yang bagus sih, yang sedang-sedang saja .terlalu ga peduli, kasian idolnya lah~ sampe dikuntit kemana-mana juga kasian merekanya. pikir aja sendiri, kalo kita ditempat kerja sellau "dikuntit" kamera kemana-mana, masa waktu pulang kerumah juga masih diikutin? meskipun mereka itu idol, yang notabene milik bersama, mereka juga masih manusia biasa, yang sama seperti kita. kita saja kadang ingin punya waktu buat sendiri, mereka juga sama.

Menurut urban dictionary fangirl adalah fans perempuan yang mengidolakan seseorang atau sesuatu dan terkadang tingkat mengidolakan Nya bisa sampai menjadi obsesi. Seseorang yang diidolakan fangirl biasanya berupa bintang idola macam selebrity, penyanyi, anggota boyband atau girlband, sutradara film dan siapa saja. Kalau sesuatu berarti seorang perempuan yang mengidolakan sesuatu misal film, anime, acara TV, video games dan lain-lain.

Seorang fangirl yang terobsesi bisa menjadi sangat fanatik dan akan melakukan apa saja untuk menarik perhatian idola mereka. Selain mengoleksi merchandise, membuat altar pemujaan, mereka bahkan menjadi bisa menjadi penguntit sang idola. Dengan kata lain fangirl jenis ini adalah gila atau idiot. Fangirl jenis ini juga berbahaya karena mereka bisa menyerang orang lain yang dianggap saingan mereka.  Ini juga masih penjelasan dari urban dictionary.

Tapi di mana ada fans maka di situ ada haters. Dan inilah yang mengganggu komunitas suatu fandom, yaitu saat fans dan hater saling serang dan yang paling parah apabila fans dan hater mulai menyerang menyangkut personal, apakah itu gender seseorang, etnis seseorang, fisik seseorang dan lain-lain. Saling serang yang saya maksud disini tentu bukan melalui tatap muka langsung, tapi melalui komunitas di internet, seperti blog, message board atau forum. Jujur bagi saya pribadi rasanya menyebalkan melihat hal ini dan ada kalanya para fangirls sangat irrasional dan membuat saya geleng-geleng kepala karena memuja dan membenci suatu karakter fiksi seolah karakter tersebut nyata dan melakukan sesuatu hal yang buruk pada mereka secarapersonal. Saya akui saat saya membaca buku atau menonton TV terkadang ada tokoh yang tidak saya suka, tapi rasanya saya cenderung mengabaikannya bila saya tidak suka tokoh tersebut alih-alih berkumandang di internet dan mengetik "I hate xxx". 


Sama halnya dengan fans para idola, kadang ada fans yang menganggap idolanya super sempurna atau seperti Tuhan sampai tidak boleh  dikritik sama sekali dan menyerang siapa saja yang mengkritik(bukan menghina lho) idola mereka. Sejujurnya fans macam ini hanya akan membuat idolanya tidak disukai oleh mereka yang netral atau non-fans karena fansnya menyebalkan, sungguh sangat disayangkan. 

intinya masing masing harus memiliki respek dan toleransi, dan ini tidak melulu menyangkut masalah idola tapi juga perbedaan pendapat. Pernah ada salah satu teman di blogger yang bilang, seseorang menghapus namanya dalam friend list karena berselisih pendapat. Padahal menurut saya yang namanya pendapat atau opini itu sifatnya subyektif, yang berarti bukanlah fakta atau kebenaran, bila kita merasa suatu opini itu salah, maka mulailah dengan suatu argumen yang relevan untuk perdebatan. Mengapa saya bilang argumen yang relevan? karena ada kalanya perdebatan jadi melenceng keluar topik .

Berikut 

Jenis-jenis/Tipe-tipe Seorang Fangirl





1. Collector Fangirl

Jenis fangirl yang mengoleksi semua hal berbau idola. Enggak hanya official mercahdise, dia pun mengoleksi merchandise bikinan fanbase. Ciri lainnya? Menyimpan banyak foto idola di laptop atau hape. Bahkan, suka mengoleksi quotes idola juga.

2. Fangirl Denial
Sebenarnya sukaaa banget sama seorang seleb. Tapi... enggak mau mengakuinya. Malah, berusaha keras untuk mengingkarinya. Lama-lama, tipe ini akan merasa capek sendiri ketika terus menerus mengingkari kenyataan.

3. Fangirl Submission
Fangirl tipe ini enggak peduli kalau tindakannya sudah menyakiti orang lain, he-he. Dia enggak akan berhenti bercerita tentang idolanya meskipun teman-temannya sudah mengeluh capek mendengar ceritanya. Pokoknya, topik pembicaraan enggak akan jauh-jauh dari idolanya ini.

4. Overtaken Fangirl
Fangirl tipe ini begitu mendewakan idola mereka. Bagi overtaken fangirl ini, idola kita adalah sosok paling sempurna. Jadi, kenapa harus mengidolakan seleb lain kalau idola kita udah sangat sempurna?





5. Apologetic Fangirl
Kita sadar kalau tindakan kita sudah berlebihan saat mengidolakan seseorang. Dan, kita siap meminta maaf kepada orang-orang dari fanbase lain atau mereka yang non-fangirl atas usaha keras kita memaksa mereka ikut menyukai idola kita. Kita akhirnya sadar kalau tiap orang berhak mengidolakan siapa saja.

6. Fangirl Community
This is the power of internet. Kita merasa punya banyak teman dengan aktif di komunitas atau fanbase. Enggak hanya yang berisfat lokal, tapi kita juga aktif di message boards fanbase internasional. Kita enggak perlu takut ketinggalan info seputar idola karena teman-teman di dunia maya akan selalu memberitahu kita saat itu juga.

7. Judgemental Fangirl
Mungkin tipe ini jarang ditemukan. Fangirl jenis ini biasanya akan nge-judge orang lain jika mereka enggak tahu tentang idola kita, bahkan info besar sekalipun. Hmm... padahal wajar kan kalau enggak semua orang tahu tentang idola kita?

8. Raging Fangirl
Jenis fangirl yang selalu over-excited menyangkut idolanya. Mereka bisa mengamuk hebat begitu tahu idolanya dijelek-jelekkan. Mereka adalah yang pertama berkomentar, entah itu senang atau sedih, jika ada berita tentang idolanya. Enggak heran jenis ini sering dianggap lebay oleh orang yang enggak memahaminya karena sikapnya yang terlalu bersemangat. Ciri lainnya: komen menggunakan capslock.

9. Unapologetic Fangirl
Enggak ada yang lebih hebat dibanding idola kita dan fanbase kita. Malah, kita bisa berubah jadi haters kalau mendengar orang lain enggak setuju dengan kita atau berkomentar negatif tentang idola kita.

10. Fangirl Exhaustion
Terlalu banyak fangirling bisa membuat kita capek. Terlebih jika idola kita dalam masa hiatus. Namun, biasanya jenis ini enggak bertahan lama karena selalu ada saja hal-hal tentang idola yang menarik perhatian kita dan membuat kita bersemangat lagi.

0 komentar:

Post a Comment

Apabila merasa artikel ini bermanfaat, boleh di share dimana saja. Tetapi tolong untuk menyertakan link sumbernya. Thanks :)

 
ᴡᴇʟᴄᴏᴍᴇ Blogger Template by Ipietoon Blogger Template